INSTAGRAM : KALURAHANKANOMAN, EMAIL: KANOMANDES@GMAIL.COM, YOUTUBE: KALURAHAN KANOMAN

Artikel

Tingkep Tandur: Tradisi Doa Bersama Di Bulak Kanoman

08 Mei 2023 10:17:48  Administrator  1.035 Kali Dibaca  Berita Desa

Kanoman (KP) – Acara Tradisi Tingkep Tandur di Bulak Sawah Kanoman diadakan pada hari Kamis 4 April 2023 tepatnya di Wilkel bulak sawah. Acara ini merupakan acara tradisi yang sudah dilaksanakan dari tahun ke tahun  ketika tanaman padi akan berbunga. Pada masa tanam pertama ini sebetulnya tanaman padi akan berbunga pada pertenggahan bulan April kemarin, tetapi karena bertepatan dengan bulan  Ramadhan maka acara Tingkep Tandur ditunda, dan baru bisa dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 April 2023.

 

“Acara Tingkep Tandur ini bertujuan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tanaman padi di bulak Kanoman dapat tumbuh dengan subur, dijauhkan dari hama tanaman dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan”, begitu yang diungkapkan Lurah Kanoman, Heru Prasetyo, A.Md.

 

Dalam pelaksanaan Tingkep Tandur petani secara sukarela membawa ancak yang berisi makanan berupa nasi beserta lauk pauknya. Sementara Lurah dan Pamong Kalurahan membawa  ingkung ayam kampung dan nasi gurih. Ancak yang berisi makanan, ingkung dan nasi gurih ini bertujuan untuk saling memberi sedekah diantara petani, Lurah dan Pamong Kalurahan.

 

Selain sebagai acara doa bersama, acara Tingkep Tandur ini juga sebagai sarana untuk berkumpul berkomiunikasi antara petani, pamong dan Dinas Pertanian serta unsur masyarakat lainnya. Acara Tingkep Tandur ini juga dihadiri oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kalurahan Kanoman. Hadir juga mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sedang melaksanakan Observasi di Kalurahan Kanoman.

 

Dari BPP Panjatan juga hadir untuk meninjau langsung kegiatan Tingkep Tandur. Hadir penyuluh BPP Panjatan untuk Kalurahan Kanoman Hary Subagiya, S.P. “BPP Panjatan memberikan apresiasi untuk acara Tingkep Tandur yang dilaksanakan di Bulak Sawah Kanoman sebagai suatu kegiatan yang positif. Selain doa bersama dipanjatkan kepada Tuhan juga harus diikuti dengan bekerja berusaha merawat tanaman agar hasinya maksimal”, demikian yang diutarakan oleh Hery Subagiya, S.P selaku Penyuluh Pertanian Kalurahan Kanoman. Hery Subagiya, S.P juga menginformasikan bahwa untuk menyambut musim kemarau dengan tanaman palawija akan disalurkan bibit kedelai melalui kelompok tani yang ada di Kalurahan Kanoman.

 

Acara Tingkep Tandur dilanjutkan mujahadah yang dipimpin oleh Muh Idris selaku tokoh masyarakat dan doa bersama dengan harapan tanaman dapat tumbuh dengan subur, tidak diserang hama, dan dapat panen dengan hasil yang maksimal. Setelah doa bersama acara dilanjutkan dengan pembagian sedekah.(d’AR)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Pedukuhan III Kanoman, Panjatan, KULON PROGO
Kalurahan : Kanoman
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon :
Email : kanomandes@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:41
    Kemarin:45
    Total Pengunjung:47.681
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.174.191
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

22 Januari 2019 | 18.444 Kali
Visi Misi
06 Maret 2019 | 18.350 Kali
Pemerintah desa
06 Maret 2019 | 18.350 Kali
Sejarah Desa
06 Maret 2019 | 18.309 Kali
Profil
06 Maret 2019 | 18.294 Kali
Data Desa
06 Maret 2019 | 18.275 Kali
Profil Wilayah Desa
08 Juli 2019 | 18.248 Kali
Maklumat PPID

DATA BANTUAN

Statistik SID