INSTAGRAM : KALURAHANKANOMAN, EMAIL: KANOMANDES@GMAIL.COM, YOUTUBE: KALURAHAN KANOMAN

Artikel

Putra Kanoman Mewakili Kontingen DI Yogyakarta Pada Acara Jumbara Tingkat Nasional Ke-IX Di Lampung

04 Juli 2023 09:51:27  Administrator  1.005 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kanoman (Kp) - Pemprov DIY melepas 97 orang peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional Ke-IX Tahun 2023 Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Pemda DI Yogyakarta. Salah satu peserta Jumbara ini adalah putra Kanoman yaitu Arrow Ahza Saputra.

 

Arrow Ahza Saputra merupakan putra pertama pasangan Bapak Resy Deni Saputra dan Ibu Ika  Heri Suryanti yang bertempat tinggal di Padukuhan VI Kalurahan Kanoman Kapanewon Panjatan. Arrow Ahza Saputra yang biasa dipanggil Arrow merupakan siswa SD Negeri 1 Kanoman yang baru saja naik kelas VI. Arrow juga rajin mengaji di TPA Asroful Amanah Padukuhan VI Kanoman. Setelah melewati beberapa rangkaian seleksi dari tingkat kapanewon, tingkat kabupaten akhirnya berhasil lolos mewakili DI Yogyakarta sebagai peserta PMR tingkat Mula Jumbara Nasional ke-IX di Lampung.

 

Jumbara atau Jumpa Bakti Gembira PMR merupakan ajang bertemunya anggota PMR dari seluruh Indonesia untuk saling berbagi, evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam suasana gembira, bersahabat, dan partisipatif yang dilakukan setiap 5 tahun sekali di tingkat nasional.

 

Kegiatan Jumbara PMR tingkat Nasional Ke-IX tahun 2023 diselenggarakan di Taman Agro Wisata Way Handak, Jalan Lintas Sumatera, Tanjung Senang, Kedaton, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, tanggal 2 – 10 Juli 2023. Sejumlah kurang lebih 4.200 anggota PMR nasional dan internasional, relawan, staf, Pengurus PMI. Juga masyarakat sekolah, wilayah lokal di kabupaten lokasi kegiatan akan ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Kegiatan Jumbara dikemas melalui pertemuan, pertukaran pengetahuan, keterampilan, dan sikap relawan, melakukan karya bakti di masyarakat, bergembira dalam kegiatan seni, budaya, dan olahraga. Dalam pembukaan Jumbara akan menampilkan bergada kontingen PMI DIY, pada saat parade akan mengenalkan kesenian khas DIY berupa bergada dan beksan wanara. Sementara untuk kesenian panggung menampilkan Penthul Tembem, serta edukasi melalui Wayang HIV.

Kegiatan nantinya dalam bentuk perkemahan dengan berbagai bidang kegiatan di antaranya jumpa, bakti, dan gembira. Dalam bidang jumpa, peserta akan berjumpa berbagi pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan youth station, jurnalistik remaja, kewirausahaan sosial, remaja tangguh, sentra kapasitas (lokakarya), ngobrol bareng PMR, international youth conference, dan hukum humaniter untuk PMR.

Sementara melalui bidang bakti, peserta akan melaksanakan kegiatan bakti masyarakat, bakti lingkungan, kewirausahaan sosial, pameran dan tukar hasil karya, media sosial, dan mading kontingen. Sedangkan parade budaya meliputi, jumbara got talent, anjangsana, wisata edukasi, youth in action, youth on stage, olahraga persahabatan, dan wahana kepalangmerahan akan dikemas dalam suasana riang dan gembira (d’AR).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Pedukuhan III Kanoman, Panjatan, KULON PROGO
Kalurahan : Kanoman
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon :
Email : kanomandes@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:51
    Kemarin:85
    Total Pengunjung:48.428
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.41.187
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

22 Januari 2019 | 18.456 Kali
Visi Misi
06 Maret 2019 | 18.357 Kali
Pemerintah desa
06 Maret 2019 | 18.355 Kali
Sejarah Desa
06 Maret 2019 | 18.316 Kali
Profil
06 Maret 2019 | 18.304 Kali
Data Desa
06 Maret 2019 | 18.281 Kali
Profil Wilayah Desa
08 Juli 2019 | 18.258 Kali
Maklumat PPID

DATA BANTUAN

Statistik SID