INSTAGRAM : KALURAHANKANOMAN, EMAIL: KANOMANDES@GMAIL.COM, YOUTUBE: KALURAHAN KANOMAN

Artikel

SERBA-SERBI MERTI PADUKUHAN DI KALURAHAN KANOMAN: PADUKUHAN KANOMAN V

04 Agustus 2023 10:20:30  Administrator  776 Kali Dibaca  Berita Desa

Kanoman (Kp)- Merti pedukuhan Kanoman V dilaksanakan pada hari Rabu Pon tanggal 26 Juli 2023. Acara Merti Padukuhan Kanoman V dipusatkan di halaman rumah Dukuh Padukuhan Kanoman V yaitu rumah Bapak Cristianto. Acara bersih padukuhan ini diawali dengan kerja bakti gotong royong membersihkan lingkungan dan pemasangan umbul-umbul di tempat yang strategis.

 

Pada hari Rabu siang warga sekitar wilayah Padukuhan  Kanoman V sudah siap berjajar di jalan-jalan yang akan dilalui oleh kirab budaya dalam rangka Merti Padukuhan Kanoman V walaupun cuaca panas tapi tidak mengurangi niat mereka untuk menyaksikan kirab budaya. Kirab budaya dengan membawa gunungan hasil bumi beriringan dengan tumpeng dan ingkung yang diiringin dengan tabuhan bende dan dikawal oleh pasukan bergada. Kemudian diikuti oleh kelompok wanita tani yang mengendong cetheng yang berisi hasil bumi, diikuti kirab ogoh-ogoh, grup kesenian jathilan anak-anak, angguk anak-anak, siswa-siswi SD Negeri I Kanoman dan aksi kelompok senam dengan personi ibu muda Padukuhan Kanoman V.

 

Kirab gunungan menyusuri jalan perbatasan Padukuhan Kanoman V dengan wilayah Kalurahan Bugel diteruskan dengan jalan perbatasan Padukuhan Kanoman VI serta Kanoman II dan kembali lagi ke halaman rumah Dukuh Padukuhan Kanoman V. Setiap simpang jalan (perempatan, pertigaan) setiap grup melakukan display aksi pertunjukan secara bergantian. Sesampainya di halaman rumah Dukuh acara merti padukuhan dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diisi sambutan dari Dinas Kundha Kabudayan Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Ibu Rudiatin, S.Pd.M.Pd. Dalam kesempatan ini Ibu Rusdiatin, S.Pd,.M.Pd mengajak mocopat dan menari bersama dengan warga masyarakat yang hadir sehingga kelihatan lebih meriah. Acara selanjutnya yaitu umbul donga (doa bersama) dan  kembul bujana (makan bersama) bersama warga Padukuhan Kanoman V dan tamu undangan. Acara kembul bujana sekaligus menyaksikan pentas seni mocopat, tari angguk dan dilanjutkan tari topeng cepethan jathilan (d’Ar).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Pedukuhan III Kanoman, Panjatan, KULON PROGO
Kalurahan : Kanoman
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon :
Email : kanomandes@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:87
    Kemarin:85
    Total Pengunjung:48.464
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.30.253
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

DATA BANTUAN

Statistik SID