INSTAGRAM : KALURAHANKANOMAN, EMAIL: KANOMANDES@GMAIL.COM, YOUTUBE: KALURAHAN KANOMAN

Artikel

Mahasiswa KKN UNY Bantu Pemasaran Batik Makmur Lestari Dengan Digital Marketing

25 Mei 2023 11:07:06  Administrator  979 Kali Dibaca  Berita Lokal

Keberadaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masyarakat salah satunya bertujuan untuk dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya, baik dari sisi keterampilan, pengetahuan maupun sosial ekonomi. Tidak terkecuali mahasiswa KKN Vokasi UNY di Kanoman I, Panjatan, Kulonprogo. Di desa ini terdapat sebuah usaha batik ‘Makmur Lestari’ milik Pak Murjiyo yang memproduksi tiga jenis batik yaitu batik cap, batik tulis, dan batik kombinasi. Batik buatan Pak Murjiyo memiliki ciri khas yaitu motif klasik seperti wayang. Mahasiswa KKN UNY yang terdiri dari Fathia Nur Adibah, Risqi Septiawan, Dhiva Raudatul Zanna, Elvaretta Dinky Auliannisa Zahra, Athya Zahra Sabrina, Dhea Wahyu Oktavia, Nanda Amalia Qhoirunisa, Kezia Refalina Enjang Rahaya dan Diaz Fadilla Anggita Puspitasari berkeinginan membantu pemasaran Batik Makmur Lestari yang selama ini masih menggunakan promosi konvensional dalam kegiatan promosinya. Seperti promosi dari mulut ke mulut, mengikuti pameran, dan lewat pemesanan Whatsapp.

Menurut Ketua Kelompok KKN Fathia Nur Adibah, mereka mengembangkan kegiatan promosi sebelumnya menjadi kegiatan promosi yang beradaptasi dengan teknologi saat ini yaitu dengan digitalisasi pemasaran. “Digitalisasi pemasaran atau digital marketing adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengoptimalisasi promosi produk dan atau jasa menggunakan teknologi seperti handphone atau laptop dan platform online” katanya. Digitalisasi pemasaran produk Batik Makmur Lestari bertujuan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan kemudahan produk untuk diakses oleh pengguna platform online. Saat ini, Batik Makmur Lestari sudah hadir dengan media promosi Instagram dan e-commerce Shopee.

  

Pemilik Batik Makmur Lestari, Pak Murjiyo sangat mendukung dan gembira dengan inisiatif mahasiswa KKN UNY tersebut. Menurut Pak Murjiyo, usaha batiknya mulai dirintis tahun 2020 setelah pensiun dari salah satu instansi atas dorongan istri. Dalam mengawali usahanya Pak Murjiyo mengirimkan poposal pelatihan membatik bagi warga yang dikirimkan kepada BLK (Balai Latihan Kerja). Sembari menunggu persetujuan proposal, Pak Murjiyo mengajak beberapa teman untuk mengikuti pelatihan membatik selama 4 hari di industri batik di Yogyakarta. Setelah mengikuti pelatihan 4 hari tersebut, Pak Murjiyo menyadari bahwa pelatihan selama 4 hari belum cukup membuat mahir warga untuk membatik. Akhirnya setelah proposal disetujui BLK, pelatihan dimulai bersama 20 warga Kanoman lainnya. Setelah melalui pelatihan 1 bulan dari BLK, Pak Murjiyo mulai mantap untuk mendirikan usaha dan akhirnya memulai usaha Batik Makmur Lestari secara pribadi. Selama menjalani usaha Batik Makmur Lestari, Pak Murjiyo mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala yang paling berpengaruh adalah Pandemi COVID-19 yang menyebabkan berkurangnya pesanan jumlah batik. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat untuk tetap membatik dan memproduksi batik untuk dijual. Menurutnya terdapat 5 kunci dalam menjalankan usaha batik yaitu persediaan alat, tempat produksi, motivasi, minat untuk menjalankan usaha, dan bakat membatik yang bisa dilatih.

 

IMG_4927

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Pedukuhan III Kanoman, Panjatan, KULON PROGO
Kalurahan : Kanoman
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55655
Telepon :
Email : kanomandes@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:48
    Kemarin:90
    Total Pengunjung:52.837
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.211.26.178
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

22 Januari 2019 | 18.511 Kali
Visi Misi
06 Maret 2019 | 18.403 Kali
Sejarah Desa
06 Maret 2019 | 18.394 Kali
Pemerintah desa
06 Maret 2019 | 18.353 Kali
Profil
06 Maret 2019 | 18.345 Kali
Data Desa
06 Maret 2019 | 18.315 Kali
Profil Wilayah Desa
08 Juli 2019 | 18.308 Kali
Maklumat PPID

DATA BANTUAN

Statistik SID